Jangan Lewatkan Updet dari Dd.Ayip Dokumen

We'll not spam mate! We promise.

Monday 25 February 2013

PINUS MERKUSII

Ciri – ciri Pinus Merkusii
Pinus memiliki ciri khas yaitu memiliki batang utama silindris, lurus dalam tegakan rapat serta memiliki alur yang dalam, cabang-cabang membentuk putaran yang teratur, tinggi bebas bebas cabang bisa mencapai 10-25 meter, memiliki bentuk daun jarum dengan jumlah dua helai yang dapat bertahan lebih dari 2 tahun dengan tepi daun bergerigi halus, bunga berbentuk stobili jantan dan betina.

Daun merupakan bagian dari tajuk pohon yang mungkin terjadinya proses fotosintesis, respirasi dan transpirasi. Daun pinus berbentuk seperti jarum tersusun dalam berkas-berkas yang masing-masing terdiri atas dua helai.

Klasifikasi Pinus Merkusi
Kingdom    : Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom    : Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi    : Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi        : Coniferophyta
Kelas        : Pinopsida
Ordo        : Pinales
Famili        : Pinaceae
Genus        : Pinus
Spesies    : Pinus merkusii Jungh.& De Vr
Habitat        : Pinus merkusii umum tumbuh di Sumatra utara hingga ketinggian 2000 m
   dpl.

Manfaat Pinus Merkusii
Hampir semua bagian tumbuhan ini bisa dimanfaatkan yang paling umum adalah dengan menyadap batang untukkemudian diolah menjadi terpentin maupun gondorukem. Terpentin sebagaimana anda ketahui merupakan bahan industri parfum, obat-obatan, dan disinfektan. Sedangkan gondorukem merupakan bahan untuk membuat sabun, resin dan cat.
Kayu Pinus merkusii juga bisa dimanfaatkansebagai bahan konstruksi korek api, pulp, tiang listrik, sutra tiruan, kayu lapis, dan kertas serat panjang. Selain itu bagian kulitnya dapat juga dimanfaatkan sebagai bahan dan kemudian abunya dipakai menjadi campuran pupuk karena kandungan kaliumnya yang cukup tinggi. Buahnya juga sudah diteliti untuk diolah menjadi bahan pembuatan briket.

Sharing itu menyenangkan lho ^_^
SOCIALIZE IT →
FOLLOW US →
SHARE IT →
Powered By: BloggerYard.Com

1 comments:

Silahkan tinggalkan pesan jika artikel ini membantu ^_^