#Image1 h2.title{display:none;}
Jangan Lewatkan Updet dari Dd.Ayip Dokumen

We'll not spam mate! We promise.

Saturday, 20 April 2013

makalah tentang renang gaya punggung

artikel yang berhubungan


PENDAHULAN

Gaya punggung adalah berenang dengan posisi punggung menghadap ke permukaan air. Gerakan kaki dan tangan serupa dengan gaya bebas, tapi dengan posisi tubuh telentang di permukaan air. Kedua belah tangan secara bergantian digerakkan menuju pinggang seperti gerakan mengayuh. Mulut dan hidung berada di luar air sehingga mudah mengambil atau membuang napas dengan mulut atau hidung.
Gaya punggung adalah gaya berenang yang sudah dikenal sejak zaman kuno. Pertama kali dipertandingkan di Olimpiade Paris 1900, gaya punggung merupakan gaya renang tertua yang dipertandingkan setelah gaya bebas.

PERMASALAHAN 

Pada renang gaya pungung, posisi badan terlentang atau posisi hidung  dan mulut berada di atas permukaan air sehingga memudahkan perenang untuk bernafas
Kesulitan dalam gaya punggung adalah perenang tidak bisa mengeahui apakah dia sudah cukup dekat dengan tujuan (garis finish) atau masih jauh, sehingga dalam menggunakan renang gaya punggung perenang sebaiknya mampu memprediksi jarak dengan cara menghitungnya dari ayunan tangan.

PEMBAHASAN

Gaya punggung adalah gaya berenang yang sudah dikenal sejak zaman kuno. Pertama kali diperlombakan di Olimpiade Paris 1900, gaya punggung merupakan gaya renang tertua yang diperlombakan setelah gaya bebas
Sewaktu berlomba, berbeda dari sikap start perenang gaya bebas, gaya dada, dan gaya kupu-kupu yang semuanya dilakukan di atas balok start, perenang gaya punggung melakukan start dari dalam kolam. Perenang menghadap ke dinding kolam dengan kedua belah tangan memegang besi pegangan. Kedua lutut ditekuk di antara kedua belah lengan, sementara kedua belah telapak kaki bertumpu di dinding kolam. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam gaya punggung :
  1. Posisi badan
  2. pada renang gaya pungung, posisi badan terlentang. Untuk mempertahankan posisi tersebut, adabeberapa hal yang perlu diperhatikan :
    1. dada, bahu, dan panggul berada di dalam air
    2. wajah berada sedikit diatas permukaan air sehingga dapat leluasa untuk mengambil nafas
    3. kedua kaki lebih rendah dari punggung dan secara bergantian menendang air.
  3. Gerakan kaki
  4. gerakan kaki pada gaya punggung pada prinsipnya sama dengan gerakan kaki pada gaya bebas, hanya dalam posisi terbalik.
  5. Bentuk-bentuk latihan gerakan kaki :
    1. duduk di pinggir kolam kedua kaki diluruskan ke dalam air, kemudian lakukan gerakan kaki
    2. dengan posisi terlentang, kedua tangan pepegang pinggir kolam
    3. dengan posisi terlentang menggunakan pelampung

  6. Pernafasan

  7. pengambilan nafas gaya punggung sangat berbeda dengan gaya bebas. Pengambilan nafas gaya punggung lebih mudah karena mulut dan hidung selalau diatas permukaan air, tinggal mengatur waktunya saja.
    1. Manfaat Renang gaya punggung bagi Tubuh
    2. Meningkatkan kualitas jantung dan peredaran darah
    3. Meningkatkan kapasitas vital paru – paru
    4. Mempengaruhi otot
________________________________________________________________________

ARTIKEL DI ATAS HANYA PREVIEW SAJA
SILAAHKAN DOWNLOAD UNTUK LEBIH LENGKAPNYA
Download this dokumen
Download Premium Dokumen di Dd. Ayip Dokumen gratis dan full fersion
dan yang paling penting Editable 
________________________________________________________________________ 

Please Give Us Your 1 Minute In Sharing This Post!
SOCIALIZE IT →
FOLLOW US →
SHARE IT →
Powered By: BloggerYard.Com

4 comments:

  1. salam kenal Gan....
    apakah untuk ibu hamil reneng itu juga bermanfaat...
    dan untuk baju senam yg cocok buat ibu hamil itu yg seperti apa ya...
    Moga makin banyak pengunjung Blognya

    ReplyDelete
  2. Daftar pustakanya Mas! Lupa dicantumkan. :/

    ReplyDelete