Jangan Lewatkan Updet dari Dd.Ayip Dokumen

We'll not spam mate! We promise.

Saturday, 4 May 2013

Makalah Sikap Ulet dan Pantang Menyerah



BAB I

PENDAHULUAN

  • Latar Belakang

  • Dalam berwirausaha sikap ulet tentu sangat diperlukan untuk mengembangkan usaha yang kita jalankan dan dalam berwirausaha juga seringkali kita mengalami sebuah kegagalan, entah dalam hal pengembangan usaha maupun cara atau prinsip usaha yang kita gunakan, maka dari itu selain sikap ulet seorang wirausaha juga harus memiliki sikap pantang menyerah.
  • Uraian Materi

  • Dalam kamus orang sukses, tidak ada istilah pemalas dan mudah menyerah. Tidak ada orang yang meraih kesuksesan tanpa bekerja keras dan mengatasi seluruh hambatan yang merintangi jalannya. Jika dia gagal, bukan berarti dia akan berhenti dan menyerah begitu saja, lalu dia malas bekerja dan melakukan apa yang seharusnya dilakukan.
    Pada dasarnya sikap pantang menyerah dan ulet wajib dimiliki seorang wirausaha dan dengan sikap pantang menyerah harus didasari dengan motivasi atau dorongan agar usaha yang dijalankan dapat berhasi atau sukses.

BAB 2

PEMBAHASAN

  • Pengertian Ulet dan Pantang Menyerah

  • Sikap Ulet dan pantang menyerah merupakan sikap bertahan untuk tetap ingin mencapai apa yang diinginkan kendati mengalami kegagalan, mendapat hambatan dan rintangan. Pada Hakikatnya sikap pantang menyerah dan ulet merupakan perjuangan wirausahawan yang tangguh penuh semangat, tidak putus asa, kuat kerja keras dan tidak menyerah.
    Seorang wirausaha mempunyai cita-cita tinggi untuk sukses didalam mengelolah kegiatan usahanya / bisnisnya, cita-cita wirausahawan yang sangat tinggi untuk sukses didalam mengelola kegiatan usaha/ bisnisnya akan menjadi pendorong dan daya tahan dalam menghadapi segala rintangan, hambatan, cobaan dan kendala dalam berwirausaha.
  • Langkah-langkah Menerapkan Sikap Ulet dan Pantang Menyerah

    1. Kalau Anda mempunyai kecendrungan mudah menyerah, maka langkah pertama pertama yang paling penting adalah mengakui kelemahannya itu. Dengan menyadarinya , Anda akan lebih siap untuk memperbaikinya.
    2. motivasikanlah diri Anda untuk mengembangkan sikap pantang menyerah. Sikap ini diperlukan untuk meraih keberhasilan dalam hidup. Perhatikanlah artis, atlit,karyawan dapat menajak karirnya karena berprestasi, mereka umumnya memperjuangkan apa yg ingin diraihnya dengan daya dan upaya yg optimal. Sebaliknya , orang2 yg mudah menyerah , frustasi dan mudah putus asa adalah orang-orang yang gagal.
    3. Berpikirlah bahwa Anda bisa dan akan berhasil meraih apa yang Anda inginkan. Keyakinan ini akan membuat Anda lebih efektif dibandingkan bila Anda terlalu mengantisipasi kemungkinan buruk. Menurut para ahli , orang yang optimis mempunyai kemungkinan yang lebih besar untuk berhasil dibanding orang yang pesimis. Mengapa ? Karena keyakinan yg positif akan mempengaruhi mental dan fisik secar signifikan untuk mendapatkan apa yang di yakininya.
    4. Arahkan mata Anda pada tujuan , bukan pada hambatan . Bila Anda memandang pada tujuan , maka hambatan tidak akan menakutkan. Tapi sebaliknya , bila Anda terfokus pada hambatan , Anda akan mudah kehabisan daya juang.
    5. Beranilah mengambil risiko namun dengan perhitungan yang mantap , Hadapi dan palamilah pengalaman dan petualangan baru. Keberanian yang benar bukan berarti seperti orang yang terjun bebas ke jurang, tapi seperti orang yang menuruninya setahap demi setahap dengan persiapan yang matang.Kalau Anda tidak berani mengambil resiko , tentu saja Anda berada pada tempat yang aman,namun Anda tidak akan berkembang.
    6. Hadapilah semua tantangan dengan penuh keberanian .Anggaplah tantangan sebagai “Sparring Pathner” yang akan membuat Anda semakin kuat , bukan sebagai raksasa yang menelan Anda. Semakin banyak tantangan , semakin berani menghadapinya,maka semakin terbentuk karakter yang kuat.
    7. Jangan terlalu cepat mengambil kesimpulan bahwa Anda tidak akan berhasil bila pada usaha. Anda mengalami kegagalan. Belajarlah daridari kegagal itu agar didapat gambaran yang lebih baik lagi.
    8. Teruslah berusaha, terkamlah segala kesempatan yg ada , karena kesempatan itu tak datang untuk kedua kalinya !, tidak ada pendobrak kegagalan yang sekuat nilai “kegigihan” . Ingatlah filsofi air yang bisa melubangi batu dengan tetesan yang terus terus-menerus.
    9. Imbangi kegigihan Anda dengan pemikiran yg kreatif. Bila perjalanan Anda terhalang oleh batu cadas , Anda tidak perlu membenturkan kepala Anda untuk membuktikan bahwa Anda pantang Menyerah. Berhentilah sejenak dan pikirkanlah bagaiman cara mengatasinya.Carilah jalur alternatif !
    10. Jangan terpengaruh oleh kegagalan orang lain, tapi biarlah keberhasilan orang lain memotivasi kita. Belajarlah dari kegagalan dan kesalahan orang lain tanpa hrus mengalaminya sendiri. Dengan cara itru Anda menghemat banyak sekali waktu dan energi anda yang sangat berharga.

  • Menerapkan Sikap Ulet

  • Karakteristik wirausaha yang baik akan membawa kearah kebenaran dan keselamatan sikap kerja keras dan ulet, serta akan menaikkan derajat dan martabat wirausahawan. Karakteristik lainnya yang perlu dipahami dan dipelajari adalah adanya teknik mawas diri, umpan balik, tanggapan, ilmu pengetahuan, keterampilan serta kera keras dan ulet. Karakteristik wirausahawan yang baik didalam berwira usaha adalah perjuangan yang menunjukan sikap, ulet, pekerja keras, optimis dan enerjik didalam mengelola kegiatan usahanya.
    Adapun karakteristik para wirausahawan yang baik dan perlu dikembangkan agar bisa menunukan sikap kera pantang menyerah dan ulet yaitu sebagai berikut :
    1. Kerja keras,uletdandisiplin
    2. Mandiri dan realistis
    3. Prestatif dan komitmen tinggi
    4. Belajar dari pengalaman
    5. Berfikir positif dan bertanggung jawab
    6. Memperhitungkan resiko usaha
    7. Mencari jalan keluar dari setiap permasalahan
    8. Merencanakan sesuatu sebelum bertindak
    9. Kreatif dan inovatif
  • Melakukan Usaha dengan Selalu Mencari Sesuatu yang Baru

    1. Kreatif
    2. Sifat Kreatif yaitu mempunyai kemampuan untuk menciptakan, mampu menciptakan sesuatu yang baru, baik berupa gagasan maupun kenyataannya yang relatif berbeda dengan apa yang telah ada sebelumnya.
      Tipe-tipe Kreatif :
      • menciptakan dan membuat sesuatu dari tidak ada menjadi ada
      • mengombinasikan / mensintesiskan, dua ha; atau lebih yang sebelumnya  tidak saling berhubungan menjadi berhubungan
      • memodifikasikan sesuatu yang memang sudah ada, berupaya mencari cara-cara untuk membentuk fungsi-fungsi baru atau menjadikan sesuatu menjadi berbeda penggunaannya dengan orang lain.
    3. Inovasi

    4. Inovasi merupakan suatu proses mengubah peluang menjadi gagasan atau ide-ide yang dapat di jual dan bukan selalu berupa ide-ide yang sangat rumit, tetapi kadang-kadang inovasi berasal dari ide-ide baru yang sepele dan sejenis saja, asal merupakan yang baru dan harus lebih baik dari yang telah ada.

      Jenis-jenis inovasi:
      • penemuan (invensi): produk / jasa / proses yang benar-benar baru, ex: wright bersaudara (pesawat terbang), alexander graham bell ( pesawat telepon)
      • pengembangan (ekstensi): pemanfaatan / penerapan lain pada produk, jasa, proses yang ada, ex: raynoc : Mc. Donald
      • penggandaan (duplikasi): refleksi kreatif atau konsep yang telah ada, ex: Walmart: department store
      • pemaduan (sintesis): kombinasi atas konsep-konsep dan faktor-faktor yang telah ada di dalam penggunaan / formulasi baru

BAB III

KESIMPULAN

Sikap ulet dan pantang menyerah sangat penting bagi wirausahawan untuk dapat mengembangkan usaha yang kita. Dua hal ini sangat berketerkaitan dalam kesuksesan seorang wirausaha, kedua sikap ini harus dimiliki bagi setiap orang yang baru atau yang sudah lama menjadi seorang wirausaha, karena hal inilah yang akan membuat seorang wirausaha dapat mengembangkan setiap usaha-usaha yang dilakukan.

Dalam berwirausaha kegagalan merupakan hal yang biasa terjadi dalam setiap usaha kita, untuk itu agar kita bisa menangani hal tersebut khususnya bagi seorang wirausaha harus memiliki sikap pantang menyerah dalam melakukan suatu usaha agar ussah kita dapat berjalan dengan lancar.
Untuk mengurangi resiko kegagalan dalam berwirausaha seorang wirausaha harus memiliki sikap ulet dalam menjalankan usahanya dan selau kreatif dan menciptakan hal-hal baru dalam berwirausaha agar setiap konsumen menjadi lebih senang.

Please Give Us Your 1 Minute In Sharing This Post!
SOCIALIZE IT →
FOLLOW US →
SHARE IT →
Powered By: BloggerYard.Com

2 comments:

  1. masih ada yang kurang mas, tapi makasih

    ReplyDelete
  2. mampir sini, eh ehhh lihat lihat kesini kalau bisa coret2 juga hehee.....

    ReplyDelete