Jangan Lewatkan Updet dari Dd.Ayip Dokumen

We'll not spam mate! We promise.

Monday 9 September 2013

Pengertian dan contoh Present dan Past Subjunctive

Pengertian Subjunctive

Subjunctive adalah suatu bentuk kata kerja yang digunakan untuk mengekspresikan unreal situation (dapat berupa conditional (pengandaian), wish (harapan), as if, as though yang berbeda dengan kenyataan), requirement (kebutuhan), maupun suggestion (saran). Subjunctive terdiri dari present dan past yang memiliki aturan penggunaan masing-masing.
Subjunctive merupakan satu dari tiga verb mood (termasuk: imperative dan indicative). Pada modern English, bentuk kata kerja ini hanya terdapat pada bagian dependent clause.
Aturan Penggunaan Subjunctive
Aturan penggunaan present dan past subjunctive dengan beberapa contohnya dapat dilihat pada tabel sebagai berikut.
Tense Aturan Normal Subjunctive
Present Kecuali untuk verb be, bentuk present menggunakan bare infinitive, yaitu kata kerja bentuk sederhana tanpa penambahan -s atau -es meskipun subjek yang digunakan merupakan orang ketiga tunggal (contoh: the man, Ana, mother) maupun pronoun: I, she, he, it.Verb be yaitu: is dan are yang digunakan pada present indicative/normal, digantikan oleh “be”. Reads

Goes

Is

Are
Read

Go

Be

Be

Past Kecuali untuk verb be, bentuk past sama seperti past indicative/normal.Verb be baik was maupun were menggunakan “were”. Walked
Ate
Was
ere
Walked
Ate
Were
Were

Conditional Auxiliary Verbs Vs Subjunctive

Karena penggunaan subjunctive yang rawan kesalahan, bentuk kata kerja ini jarang digunakan didalam bahasa inggris. Modal verbs lebih disukai untuk digunakan. Adapun untuk menghasilkan makna pengandaian unreal condition (kenyataan berbeda dengan harapan), Conditional auxilliary verbs (could, should, would) dapat digunakan menggantikan bentuk kata kerja ini dengan contoh sebagai berikut di bawah ini.
Contoh:
•    I wish the teacher were nice to me. (Subjunctive)
•    I wish the teacher could be nice to me. (Auxiliary Verb)

Fungsi dan Contoh Subjunctive

Secara umum, subjunctive digunakan pada complex sentence. Berikut adalah rincian kondisi serta contoh subjunctive dalam kalimat.
Fungsi Subjunctive Contoh Subjunctive dalam Kalimat
Subjunctive berada pada dependent clause dimana bagian independent clause-nya menggunakan verb:ask, command, demand, determine, insist, order, propose, recommend, regret, request, require, suggest, untuk mengekspresikan requirement (kebutuhan) maupun suggestion (saran). The doctor suggests that white rice be replaced with brown rice.
(Dokter menyarankan beras putih diganti dengan beras merah.)
Subjunctive berada pada dependent clause dimana bagian independent clause-nya menggunakan adjective yang mengekspresikan urgency/requirement:crucial, desirable, essential, important, imperative, necessary, urgent, vital It is desirable that they be on time.
(Diharapkan mereka datang tepat waktu.)
Subjunctive berada pada dependent clause dimana independent clause berupa conditional sentence yang kenyataannya berbeda pengandaian (unreal condition: conditional type 2 dengan verb be) I wouldn’t be panic if I were you.
(Saya tidak akan panik jika jadi kamu.)
Subjunctive mengikuti kata wish. Everybody wishes that Sarah were able to control her emotion.
(Setiap orang berharap Sarah dapat mengontrol emosinya.)
Subjunctive mengikuti kata as if dan as though. Robi acts as though he were the king.
(Robi berlaku seakan-akan dia raja.)

Sharing itu menyenangkan lho ^_^
SOCIALIZE IT →
FOLLOW US →
SHARE IT →
Powered By: BloggerYard.Com

0 comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pesan jika artikel ini membantu ^_^