Jangan Lewatkan Updet dari Dd.Ayip Dokumen

We'll not spam mate! We promise.

Thursday 5 September 2013

Tugas, fungsi dan kegunaan karburator

Karburator adalah : 

Karburator adalah sebuah alat yang mencampur udara dan bahan bakar untuk sebuah mesin pembakaran dalam. Karburator masih digunakan dalam mesin kecil dan dalam mobil tua atau khusus seperti yang dirancang untuk balap mobil stok. Kebanyakan mobil yang diproduksi pada awal 1980-an telah menggunakan injeksi bahan bakar elektronik terkomputerisasi. Mayoritas sepeda motor masih menggunakan karburator dikarenakan lebih ringan dan murah, namun pada 2005 sudah banyak model baru diperkenalkan dengan injeksi bahan bakar.

Tugas Karburator

Karburator dibuat untuk membuat campuran udara dan bahan bakar pada perbandigan campuran yang tepat. Dan memberikan semprotan campuran ke ruang pembakaran dan di kompresikan oleh gerakan piston keatas sehingga dimampatkan dan mudah terbakar. Oleh karena itu karburator.

Fungsi Karburator

Karburator memiliki beberapa fungsi diantaranya :
  1. Menyemprotkan beberapa bahan bakar
  2. Bensin disemprotkan sehingga suatu campuran yang sempurna antara udara dan bahan bakar
  3. Mengontrol perbandingan campuran
  4. Campuran mempunyai kekuatan yang sempurna dapat dihasilkan tergantung sesuai kondisi kerja mesin.

Prinsip kerja karburator

  1. Karburator menggunakan prinsip semprotan, jika udara dihembuskan kedalam dari suatu pipa hembusan, kecepatan udara dipertinggi pada pipa pengeluaran dan oleh karena itu tekanan di sekelilingnya lebih rendah. Permukaan air di bawah atmoswir. Air dialirkan keatas dan dialirkan kealiran udara.
  2. Dalam ruangan karburator, udara di alirkan kedalam mesin. Hal ini mengakibatkan tekanan negatif dalam pipa pemasukan. Jika udara telah melalui venturi yang berbentuk terompet (main bore) dalam karburator, kecepatan dan tekanan dalam venturi bertambah pada tekanan negatif ini, bensin dialirkan keluar kedalam terompet dan bercampur dengan udara sebelum mengalir kedalam mesin.

Sharing itu menyenangkan lho ^_^
SOCIALIZE IT →
FOLLOW US →
SHARE IT →
Powered By: BloggerYard.Com

0 comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pesan jika artikel ini membantu ^_^